perintah-perintah penting jaringan pada cmd

share ilmu baru walau cuma setitik insya allah bermanfaat. command promt atau yang sering di sebut cmd mungkin sudah banyak yang tau terutama para pengguna windows. dan beikut ini adalah beberapa perintah jaringan yang ada pada cmd tersebut.

ping-untuk ping domain atau ip address
perintah ping mengirim ICMP echo request packets ke tujuan. contoh, anda bisa ping sebuah situs website misalkan google.com atau ip addressnya ping 216.58.196.142. paket tersebut akan bertanya ke tujuan agar membalas. jika tujuan di konfigurasi untuk dapat membalas, maka akan merespon paket tersebut. disitu akan terlihat berapa lama waktu round-trip/perjalanan antara komputer anda dan komputer tujuan (latency). jika paket loss atau tidak terhubung ke tujuan maka akan muncul pesan "request time out".



ipconfig-cek alamat ip address
perintah ini memungkinkan untuk mengkonfiggurasi perintah jaringan dan melihat informasi interface/ LAN cad di komputer anda. sebagai contoh gunakan ipconfig/all untuk melihat konfigurasi interface jaringan di komputer anda, mulai dari ip address, DNS server dan informasi lainnya.
gunakan juga perintah ipconfig/flushdns untuk reset, clear, refresh, flush DNS cache di windows.
memaksa windows untuk mendapatkan alamat baru dari DNS server setiap kali anda mengakses situs baru. bisa juga untuk memaksa komputer anda memperbarui ip address dan mendapatkan ip address baru dari DHCP server. dapat juga untuk memecahkan masalah koneksi.

nslookup
perintah ini akan mencari alamat ip address yang terkait dengan nama domain. contoh, nslookup facebook.com.

netstat
singkatan dari statistik jaringan. perintah ini menampilkan jaringan yang keluar masuk. utilitas netstat dapat menunjukkan koneksi yang open di komputer anda, program mana yang membuat koneksi, berapa banyak data sedang dikirim dan informasi lainnya.

traceroute/tracert/tracepath
perintah ini hampir sama dengan perintah ping, hanya saja perintah ini dapat memberikan informasi jalur paket tujuan melewati mana saja. perintah ini dapat membantu untuk masalah troubelshoot masalah koneksi. jika komputer anda tidak dapat terhubung dengan server, menjalankan traceroute akan menunjukkan jalur/hop yang bermasalah antara komputer anda dan tujuan.


itulah beberapa perintah cmd seputar jaringan yang dapat saya share di blog ini. semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
22 November 2015 at 00:09 delete

CMD biasanya cuma buat nge-ping doang gan...haha

Reply
avatar
3 December 2015 at 07:23 delete

Nambah gan: perintah untuk menghapus virus hidden/file nggak kebaca:
masuk ke drive yg kena virus > -h -r -a -s D(misal drivenya ini):/*.* /d /s >> Enter

Reply
avatar
3 December 2015 at 09:30 delete

terimakasih sob tambahannya,,, (y)

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak....