Mengenal hardware dan software komputer untuk pemula

Pernahkah sobat menggunakan komputer? pasti pernah kan? karena saya yakin saat sobat membaca postingan ini pasti sobat sedang menggunakan komputer -_- (maksutnya apa coba nih si admin, kalau nggak pake komputer ya nggak mungkin sampai ke blog ini lah) hohoho...

 Komputer menurut wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.



Komputer sendiri agar dapat difungsikan terdiri dari dua bagian yaitu hardware dan software. Keduanya tersebut tidak dapat dipisahkan, karena jika salah satu dihilangkan maka tidak akan ada fungsinya.

Lalu apa itu hardware komputer? dan apa fungsinya?

Dan apa juga itu software? apa fungsinya?

Mari kita bahas satu-satu karena postingan ini dibuat memang untuk mengenal hardware dan software komputer.
Hardware
Hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen-komponen fisik yang bersifat dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata yang membentuk satu kesatuan sistem personal computer (PC).

Fungsi dari perangkat-perangkat ini sangat beragam, diantaranya sebagai alat input, alat output, pemroses data, dan juga sebagai alat tamabahan atau asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada dalam sistem PC.

Apa saja hardaware atau perangkat keras komputer itu? 
perangkat keras komputer sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, input device, process, output device, dan storage device. Berikut macam-macam perangkat keras beserta fungsinya.

Input Device / Masukan
input device adalah unit yang fungsinya sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Berikut adalah contoh perangkat input device.

  • Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file dll...
  • Mouse berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor, serta menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan.
  • Touch Pad fungsinya sama dengan mouse namun memiliki bentuk yang berbeda, yaitu merupakan bantalan yang sensitif terhadap sentuhan, dan biasanya ada di laptop.
  • Joystick berfungsi untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol-tombol yang ada dalam perangkat. Joystick biasanya digunakan untuk bermain game pada komputer.
Process Device
Fungsinya untuk mengolah data  yang sudah di masukkan melaui perangkat keras masukan. Apa saja perangkat itu? kita simak berikut ini

  1. Motherboard atau Mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen lain. fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen pc.
  2. Central Processing Unit sering disebut processor atau otak dari komputer. CPU ini berfungsi untuk memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat di operasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya.
  3. Random Access Memory (RAM) berfungsi sebagai transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile yang berarti perangkat ini tidak menyimpan data secara permananen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja.
  4. Video Graphic Array (VGA) Kartu grafis yang berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor.
  5. Power Supply fungsinya untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
Output Device
sesuai dengan namanya output yang berarti keluaran, setelah data di input melalui perangkat input device lalu kemudian di proses tugas dari output device adalah menampilkan hasil akhir dari pengolahan data yang dilakunan perangkat process device. 

  • Monitor berfungsi menampilkan data atau informasi berupa teks atau grafik.
  • Printer Berfungsi untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
  • Speaker alat keluaran yang berfungsi untuk menghasilkan suara. 
Storage Device
Biasa juga disebut memory merupakan suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. contohnya seperti hardisk, Flashdisk, CD dan lainnya yang fungsinya sebagai penyimpanan.

Huuufffttt capek juga ya ngejelasin sampe disini :D

Jika kita tadi sudah membahas apa itu hardware dan fungsinya, sekarang kita lanjut membahas software dan fungsinya...

Software atau Perangkat Lunak
menurut om wikipedia adalah istilah khusus untuk data yang di format dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. dengan kata lain bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan bahasa pemrograman yang di tulis oleh programer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Fungsi dari perangkat lunak komputer itu sendiri adalah memproses data atau perintah hingga mendapat hasil atau sebagai sarana interaksi yang menghubungkan (menjembatani) pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

perangkat lunak (software) sendiri digolongkan menjadi tiga diantaranya.

1.Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan suatu software komplek yang memiliki banyak fungsi, diantaranya.
  • untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU
  • menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
  • mengatur semua proses yang terjadi di dalam CPU.
sistem operasi juga befungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalankan program aplikasi seperti microsoft word, exel, winamp dan lainnya. Contoh dari sistem operasi yang populer digunakan dikalangan masyarakat adalah linux dan windows.

2.Bahasa Pemrograman


Bahasa pemrograman atau istilah kerennya programming lanmguage adalah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer agar memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. contoh dari bahasa pemrograman itu sendiri antara lain java, visual basic, C++, Cobol, PHP, Net dll.

3.Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan software yang memiliki fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. program aplikasi digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat , mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka dan lainnya. Contoh program aplikasi adalah microsoft word, Microsoft exel, power point, winamp, phothoshop dan masih banyak lagi.

sekian yang bisa saya sampaikan, jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan cantumkan di kolom komentar...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
17 December 2015 at 07:47 delete

Disuruh cari perangkat komputer sama pengertiannya dan fungsinya keliling2 google akhirnya nemu blog ini juga.

Reply
avatar
17 December 2015 at 08:59 delete

syukurlah kalau bermanfaat... :)

Reply
avatar
17 December 2015 at 17:41 delete

Nah ketemu juga nih pengetian software, dari tadi muter muter kaga nemu ^_^

Reply
avatar
19 December 2015 at 13:11 delete

Mantab bos artikelnya, sangat berguna untuk pengenalan perangkat komputer terutama bagi orang yang tidak mengenyam pendidikan dibidang IT

Reply
avatar
24 December 2015 at 14:56 delete

kaya mengulang pelajaran yg ane dpt waktu SMA. hehe nice post gan.

Reply
avatar
4 January 2016 at 07:54 delete

wah gan saya baru tau yang namanya ardware makasih infonya izin bookmarkya

Reply
avatar
4 January 2016 at 08:09 delete

Silahkan gan di share juga boleh :)

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak....