Sekilas Tips Agar Blog Layak Untuk Dikunjungi

Punya blog yang ramai dengan visitor kemudian menghasikan uang jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah tentunya pasti impian setiap blogger. Termasuk saya juga tentunya.

Tapi berbicara soal visitor sudah layakkah blog sobat untuk dikunjungi?. Kebanyakan blogger pemula tidak berfikir jauh sampai kesitu. Biasanya para blogger pemula terlalu fokus bagaimana mendapatkan visitor tanpa memikirkan kelayakan situsnya.


Pentingkah sebuah kelayakan sebuah blog itu?

Bagi saya kelayakan sebuah blog itu sangat penting sekali, karna jika sebuah blog layak untuk dikunjungi dan pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke sebuah blog dan betah berlama-lama disitu ada kemungkinan pengunjung tersebut kembali lagi mengunjungi blog tersebut, apalagi jika isi dari blog itu bermanfaat, maka dengan sendirinya pengunjung tersebut akan mengklik tombol share ke media sosial miliknya untuk dibagikan ke teman-temannya. Dan alhasil blog kita akan bertambah visitor, sebuah keuntungan kan?.

Sebagai gambaran untuk blog yang layak dikunjungi seperti ini.

Suatu ketika saya mencari sebuah artikel untuk menyelesaikan tugas sekolah atau skripsi yang diberikan oleh guru atau dosen. kemudian saya membuka mesin pencari katakanlah  Google dan saya mengetikkan apa yang saya cari disitu. Dalam hasil pencarian tersebut google akan memberikan rujukan ke berbagai situs.

Setelah berbagai pertimbangan akhirnya saya mengklik situs yang pertama. Tapi disitus tersebut banyak sekali iklan bertebaran yang mengganggu, dan isi dari artikel tersebut juga tidak sesuai seperti yang dicari, karna di artikel tersebut hanya ada kata kunci yang di ulang-ulang dan sedikit penjelasan yang tidak penting sama sekali. Belum lagi desain dari situs tersebut juga berantakan. akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan situs tersebut dan tidak mendapat apa-apa.

Mungkin sobat juga pernah mengalami hal seperti itu.

Saya lanjutkan menuju situs yang kedua. Pada situs kedua ini saya menemukan apa yang saya cari, artikel yang lengkap dan terdapat penjelasan-penjelasan untuk menyelesaikan tugas saya. Desain pada situs tersebut juga tertata rapi, dan yang paling penting tidak ada iklan yang mengganggu.

Tugas saya akhirnya selesai berkat situs kedua tersebut. Karna saya merasa situs kedua tersebut bermanfaat akhirnya saya merekomendasikan situs tersebut ke teman-teman saya yang juga sedang mengerjakan tugas.

Itulah gambaran mengenai kelayakan sebuah situs...

apa saja sih yang yang membuat blog layak dikunjungi, langsung saja kita bahas...

1. Tidak Ada Iklan Yang Mengganggu
Salah satu kelayakan sebuah blog yang pertama adalah tidak ada iklan yang mengganggu.

Mungkin sobat pernah berkunjung ke sebuah situs, tetapi ketika ingin membaca sesuatu yang penting pada situs tersebut ada sebuah iklan yang menghalangi dan untuk bisa melanjutkan membaca harus mengklik tombol close pada iklan tersebut.

dan itu terjadi setiap kali sobat membaca artikel lain yang ada pada situs itu. Bahkan terkadang ada iklan yang muncul sendiri di tab baru setelah tombol close iklan di klik. Sebal kan ketika harus berkunjung ke situs seperti itu..

Bayangkan juga ketika hal tersebut di terapkan di blog sobat, saya yakin visitor setia di blog sobat akan bekurang sedikit demi sedikit.

Iklan itu memang penting karna itu salah satu sumber penghasilan dari sebuah blog. Tapi jangan sampai iklan tersebut membuat visitor kabur dari blog sobat.

2. Terdapat Konten Berkualitas
Konten adalah raja, mungkin sobat tau kalimat tersebut.

Tidak bisa dipungkiri konten adalah bagian dari blog yang sangat penting, karena blog tanpa konten apanya yang mau dilihat dari blog tersebut. Dan karena konten adalah hal yang sangat penting maka sebuah konten harus berkualitas agar pengunjung tidak kecewa.

Seperti apa sih konten berkualitas itu...?

Tidak Copas
Saya sudah terlalu sering melihat para blogger yang marah-marah karena isi dari blognya di copas oleh blogger lain.

Ingat seorang blogger yang baik tidak akan copy paste konten dari blog lain, kalaupun ada informasi penting dari situs tersebut ambil bagian pentingya saja kemudian ubah dengan kalimat anda sendiri, bila perlu cantumkan link sumbernya sebagai referensi.

Lagi pula sobat mungkin juga belum pernah melihat blog copy paste yang sukses.

Mudah di Pahami Oleh Pembaca
Konten yang berkualitas adalah konten yang mudah dipahami pembacanya.

Jika seorang pengunjung blog datang ke blog sobat tapi isi dari blog sobat membingungkan, maka pengunjung tersebut akan mencari referensi dari situs lain.

Bermanfaat
Bermanfaat yang saya maksut disini adalah yang mampu menyelesaikan masalah pengunjung. Sebagai gambaran mungkin sobat bisa membaca artikel ini Cara Menghapus Iklan Pop-Ups yang Mengganggu Pada Google Chrome

3. Desain Yang Menarik
Desain yang menarik itu tidak harus tampil wah...

cukup dengan tampilan yang tertata rapi, dan responsif di berbagai perangkat. Pengunjung tidak akan betah berlama-lama berada di situs yang tampilannya acak-acakan.

Saya rasa tiga hal tersebut sudah cukup untuk membuat blog layak untuk dikunjungi. Yang paling penting dari sebuah blog agar pengunjung betah berlama-lama pada blog sobat adalah dengan membuat pengunjung senyaman mungkin berada di blog sobat.

sekian yang bisa saya sampaikan..

share artikel ini jika bermanfaat dengan mengeklik tombol share yang tersedia di bawah...

jika sobat memiliki kritik dan saran yang membangun serta materi tambahan yang bermanfaat silahkan cantumkan di kolom komentar.. semoga bermanfaat... ^_^




Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

24 komentar

komentar
16 January 2016 at 08:29 delete

Wah kayaknya blog saya udah layak untuk dikunjungi nih gan :D

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:30 delete

kalo boleh ditambahin gan, poin-poin yang disampaikan oleh artikel atau blog tersebut harus jelas karena banyak blog yang hanya memancing visitor untuk datang namun blognya tidak berkualitas dan tidak ada hal penting didalamnya.

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:35 delete

Takutnya kalau semua hal sudah tertata rapi namun antara fakta dan opini dibenak masih belum bisa sama. Tapi gag jadi mengapa. Pasti dengan berjalannya waktu blog akan semakin tertata

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:40 delete

mantap gan :v saya suka komentar yang seperti ini... kalau agan punya link buat referensi yang lain boleh di cantumin... jadi guest blog di blog ini juga boleh...

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:40 delete

Alhamdulillah, blog ane lumayan memenuhi syarat2 tersebut :)

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:54 delete

kayaknya blog ane msih banyak kekurangannya nih.... mudah2an baca artikel ini blog ane jadi rame visitor nya...
thanks gan infonya bermanfaat

Reply
avatar
16 January 2016 at 08:58 delete

kyak x blog ane msih banyak kekurangan gan :)
sblum nya thank bngets pos ini gan cukup bermanfaat :)
by Ryan

Reply
avatar
16 January 2016 at 09:00 delete

yapz dengan berjalannya waktu sambil belajar dan dipraktekin akan semakin menambah kualitas sebuah blog,,,

Reply
avatar
16 January 2016 at 09:01 delete

sama-sama gan kita masih sama-sama belajar (y) thanks udah mampir...

Reply
avatar
16 January 2016 at 09:05 delete

mari sama-sama berjuang sebagai kesatria blogger,, terus semangat..

Reply
avatar
16 January 2016 at 09:13 delete

nice gan tips nya trims infonya

Reply
avatar
16 January 2016 at 09:18 delete

msih prlu bnyak bljar bkin konten yg bermutu ne, msih pemula hehe.

Reply
avatar
16 January 2016 at 10:47 delete

alhamdulilah blog ane hampir layak gan, thanks for sharing

Reply
avatar
mim
16 January 2016 at 16:27 delete

kebanyakan para pengunjung lihat tampilannya dulu
enak buat baca apa nggak

Reply
avatar
16 January 2016 at 18:26 delete

thanks banget artikelnya gan. sangat bermanfaat

Reply
avatar
16 January 2016 at 20:27 delete

blog gw masih sepi bro
coba ah ikutin tipsnya

Reply
avatar
16 January 2016 at 20:56 delete

iya gan ni efektif soalnya postingan kita sendiri, nice gan (y)

Reply
avatar
17 January 2016 at 00:04 delete

bener bngt mas,,,yg pntng kualitas blog itu sendiri>>

by dedi mitsubishi

Reply
avatar
17 January 2016 at 17:16 delete

informatif nih gan buat bisa buat referensi dan bahan timbangan

Reply
avatar
17 January 2016 at 17:19 delete

wah nice gan infonya sangat bermnfaat buat saya

Reply
avatar
17 January 2016 at 17:58 delete

infonya sangat menarik gan terima kasih ya ini penting buat pemula

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak....